Selasa, 07 Februari 2012

Rating Film










     The Classification and Rating Administration (CARA) and the Classification and Rating Appeals Board didirikan oleh the Motion Picture Association of America, Inc. (MPAA) and the National Association of Theatre Owners, Inc. (NATO) sebagai bagian dari bentuk sukarela mereka untuk memberikan informasi kepada orang tua dalam membantu mereka menentukan kesesuaian gambar gerak individu dan tentang tingkat berbagai elemen dalam film seperti seks, kekerasan dan bahasa, sehingga orang tua dapat memutuskan mana yang bisa di tonton bersama keluarga dan mana yang bukan atau tidak bisa ditonton bersama keluarga. Rating film tidak menentukan kualitas dalam film. Film buruk atau tidak kembali lagi kepada kita yang menonton.



1. Cara Membaca Rating
           
          
                   


          A. Bagian atas berfungsi untuk menginformasikan rating film tersebut
          B. Bagian bawah berfungsi untuk menjelaskan isi dalam film tersebut.


 2. Macam-Macam Rating

Peringkat G dari MPAA
            
       



G - General Audiences. All Ages Admitted.
Beberapa percakapan menggunakan bahasa yang sopan tetapi menggunakan bahasa sehari-hari. Tidak ada kata-kata yang kuat dan kasar. Penggambaran kekerasan yang dihadirkan sangat minim. Tidak ada adegan telanjang, seks, dan penggunaan Narkotika dalam film ber-rating G ini.
ex : Alvin and The Chipmunk, High School Musical, Tangled Ever After, etc


Peringkat PG dari MPAA

PG - Parental Guidance Suggested. Some Material May Not Be Suitable For Children.
Para orang tua harus berhati-hati bila ingin menonton film ini. Karena beberapa tema film dalam rating ini kurang begitu baik untuk anak dibawah umur. Dalam film ber-rating PG ini mungkin terdapat kata-kata kotor dan beberapa adegan kekerasan atau ketelanjangaan singkat. Tidak ada pengunaan narkotika dalam rating ini.
ex : Hugo, Jack & Jill, Journey2 : The Mysterious Island, The Muppets, etc


Peringkat PG-13 dari MPAA

PG-13 -- Parents Strongly Cautioned. Some Material May Be Inappropriate For Children Under 13.
Kategori PG-13 sangat menegasakan bahwa rating ini tidak diperuntukkan bagi anak berumur dibawah 13 tahun. Tema film ber-rating PG akan lebih luas dibanding film ber-rating PG-13. Adegan kekerasan, ketelanjangan, sensualitas, bahasa, kegiatan dewasa dan elemen lainnya, tetapi tidak mencapai kategori R(Restricted). Adegan telanjang singkat dalam kategori ini umumnya tidak berorientasi seksual. Dalam rating ini, mungkin anda akan menemukan adegan kekerasan, tetapi tidak terlalu ekstrim. Film yang menggunakan kata-kata yang mengandung unsur seksualitas pasti akan masuk kedalam rating ini, meskipun hanya sebuah sumpah serapah. Bila sumpah serapah tersebut diucapkan lebih dari satu kali, maka film tersebut akan masuk kategori R(restricted) sebagai keharusan. Adegan penggunaan Narkotika akan masuk dalam kategori ini.
ex : 3 Idiots, Fast Five, Insidious, MI:Ghost Protocol, Real Steel, Breaking Dawn Part I, etc


simbol R dari MPAA

R - Restricted. Children Under 17 Require Accompanying Parent or Adult Guardian
Dalam pandangan Rating Board (Dewan Penilai), sebuah film ber-rating R termasuk tema dewasa, aktivitas orang dewasa, bahasa yang sulit dan kotor, kekerasan berkelanjutan, ketelanjangan yang berorientasi seksual, penyalahgunaan Narkotika atau unsur-unsur lain. Anak dibawah 17 tahun tidak diizinkan untuk menonton film berkategori R tanpa ditemani oleh orang tua atau orang yang sudah dewasa. Umumnya sangat tidak tepat bagi orang tua untuk membawa anak-anak mereka ke gedung bioskop untuk menonton film ber-rating R.
ex : Bad Teacher, Bridesmaid, Hangover II, Underworld:Awakening, etc


simbol NC-17 dari MPAA

NC-17 -- No One 17 and Under Admitted.
Para Dewan Penilai mengatakan bahwa film ber-rating NC-17 merupakan film bertema sangat dewasa dan tidak pantas bagi mereka yang berumur 17 kebawah. Tidak akan ada anak-anak dibawah 17 tahun yang boleh menonton film ini. Bukan berarti film ini "cabul" atau "porno" tetapi lebih memperlihatkan adegan kekerasan, seks, perilaku aberrational, dan penyalah gunaan obat atau unsur lain secara berlebihan. Sudah sangat jelas bahwa film berkategori R ini hanya cocok untuk penonton dewasa. Film berkategori ini sangat jarang sekali.
ex : The Story of O, Bad Education, 


3. Tujuan Rating

    Tujuan Rating adalah untuk memberikan orang tua keyakinan yang sama dalam iklan film. Hal ini penting juga untuk si pembuat film agar bertanggung jawab dalam memasarkan hasil film mereka ke masyarakat, bahkan dunia luas.
       




Jika anda ingin tahu lebih banyak Silahkan kunjungi www.filmratings.com karena saya mendapatkan ini semua dari sana :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar