Selasa, 04 Maret 2014

Oldboy (2013)


Director : Spike Lee
Written  : Mark Protosevich
Cast       : Josh Brolin, Elisabeth Olsen, Sharlto Copley, Samuel L. jackson, Michael Imperioli.


     Jika ada film remake, rasanya sulit sekali untuk tidak membandingkan dengan film aslinya. Entah itu ber-genre horror, sci-fi, action ataupun drama. Tidak peduli juga darimana asal film aslinya, apakah film aslinya terkenal atau tidak, film sensasional maupun hanya film yang biasa-biasa saja. Film remake di tahun 2013 kemarin pun mendapat respon yang sangat beragam. Ada yang memuaskan, ada yang mengecewakan, bahkan ada yang hasilnya jauh lebih bagus dari film aslinya. Melihat film-film remake yang ada di tahun 2013 lalu, genre horror-thriller yang menjadi dominan. Ada Crime d'amour, Evil Dead, 301/302, Carrie, We Are What We Are, Maniac dan Oldboy.


   Seorang pria dipenjara dalam sebuah kamar menyerupai motel selama 20 tahun tanpa mengetahui alasan mengapa dirinya diperlakukan seperti itu. Premise yang menarik ini dieksekusikan dengan sangat sangat sangat baik oleh Park Chan-wook. Lalu bagaimana dengan remake-nya yang dipegang oleh sutradara nominasi Oscar, Spike Lee??


     Saya sama sekali tidak mempunyai ekspetasi yang berlebihan terhadap new Oldboy. Gurita? Long-take fighting scene? Twist ending yang ngehe’? Apakah momen-momen memorable itu ada dalam oldboy-nya Spike Lee. Beberapa adegam penting tetap ada dan di shot dengan cara yang berbeda serta development story yang sedikit dirombak. Salah satu cara yang cukup menarik, meskipun tetap tidak terpuaskan. Efek gloomy yang ingin diciptakan saja terasa kurang maksimal. Kurangnya pendalaman karakter juga membuat saya merasa biasa saja melihat penderitaan Joe. Hasrat seksual yang menggebu-nggebu karena tidak melihat wanita selama 20 tahun sama sekali tidak terbangun dengan baik. Padahal hal itu yang sebenarnya salah satu elemen penting dalam film ini.

Oldboy 2013 Stills 540x359 Oldboy (2013) Stills

     Akting Brolin cukup meyakinkan di awal hingga akhir. Sayangnya, bagian ending saat plot twist terbuka, Brolin sama sekail tidak bisa mengalahkan acting Choi Min-sik pada film aslinya. Sayangnya, ending dalam new Oldboy yang harusnya ngehe' malah sama sekali tidak membekas sedikitpun. 

     Bukan film yang buruk sebenarnya, tetapi mengingat original Oldboy yang masih membekas di kepala saya, membuat tanggapan saya terhadap new Oldboy menjadi seperti diatas. Oldboy arahan Spike Lee ini memang berusaha untuk tidak menyamai film aslinya, tetapi ada beberapa hal dimana Lee ingin memasukan adegan penting pada filmnya yang mana terlihat sedikit dipaksakan dan hasilnya menurut saya tidak maksimal. Membanding-bandingkan memang tidak baik, tetapi bagi kalian yang belum pernah menonton Oldboy yang asli, film ini mungkin dapat menawarkan sebuah Drama-Thriller yang cukup oke.

(5.5/10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar