Selasa, 23 April 2013

FIKSI (2008)


FIKSI

Producer      : Parama Wirasmo, Tia Hasibuan & Sapto Soetarjo
Director         : Mouly Surya
Writers           : Joko Anwar & Mouly SUrya
Casts             :
1. Ladya Cheryl
2. Donny Alamsyah
3. Kinaryosih

D.O.P             : Yunus Pasolang
Editor             : Muhammad Ichsan

Genre                         : Thriller
Distributor                : Cinesurya Production
Release Date           : 19 Juni 2008
Running Time         : 108 Min
Country                     : Indonesia

     Kapan terakhir kali anda melihat film psycho dengan pemeran utama Wanita? Film apakah itu? Saya pribadi entah ini jujur atau saya lupa, tapi sepertinya saya belum pernah melihat film tentang psycho dimana pemeran utama yang menjadi psychopatnya itu adalah wanita. Saya juga sempat berpikir, mengapa film yang mengambil tema psychopat tidak pernah ada wanitanya. Mungkin karna wanita lebih sering menggunakan perasaannya bila dibandingkan dengan lelaki yang memakai logika yang “Salah” ketika seseorang tersebut menjadi psychopat. Ternyata menggunakan perasaan yang “salah” juga bisa terjadi terhadap wanita. Tidak percaya? Fiksi jawabannya.


     Fiksi menceritakan tentang Alisha (Ladya Cheryl) seroang perempuan kaya raya yang berasal dari keluarga broken home. Kesendiriannya di rumah membuat ia bosan. Suatu ketika ia bertemu Bari (Donny Alamsyah) dan Alisha menyukainya. Saking tertariknya Alisha dengan Bari, ia mengikuti Bari pulang ke rumah susunnya hingga ia kabur dari rumah dan tinggal di rumah susun tepat di sebelah kamar Bari dan pacarnya, Renta (Kinaryosih). Setelah sekian lama akhirnya mereka saling kenal. Bari adalah seorang penulis dan dia sedang menulis sebuah cerita berjudul fiksi dimana karakternya adalah orang-orang yang “terkenal” di rumah susun tersebut. Mulai dari bapak2 tua yang tidak pernah mau masuk ke dalam rumahnya lalu pasangan gay yang jd bahan pembicaraan banyak orang hingga wanita tua yang tidak pernah keluar kamarnya. Hari semakin berlalu dan muncullah kejadian-kejadian aneh satu per satu yang bersangkut paut dengan karakter-karakter dalam novel Bari.

aksi-ladya-cherly-di-film-fiksi.jpg (375×471)

     Ini adalah film pertama bagi Mouly Surya dan saya cukup terkejut melihat kemampuannya yang luar biasa dalam film ini. Film ini mempunyai plot yang lurus dan sederhana. Tetapi Mouly berhasil mengatur lapisan-lapisan ceritanya dengan sangat rapi dan sangat baik. Film ini luar biasa!  Ladya pun berhasil memainkan Alisha yang lembut dan terlihat polos dengan sangat amat baik sekali. Everything looks perfect in this movie. Cuma saya agak sedikit heran. Segitu tidak pedulinya kah ayah Alisha dan pekerja-pekerja di rumahnya sehingga tidak ada kabarnya lagi ketika Alisha pindah ke rumah susun hingga akhir film. meskipun agak sedikit mengusik saya tapi film ini udah cukup fak buat ditonton, awalnya saya kira ini film DRAMA!!!!

My Rate         : (9/10)
IMDb Rate     : (7/10)


Trailer


Poster Lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar