Sabtu, 09 Februari 2013

Habibie & Ainun (2012)



Habibie & Ainun


Producer      : Dhamoo Punjabi & Manoj Punjabi
Director         : Faozan Rizal
Writers           : Ginatri S. Noer & Ifan Adriansyah Ismail
Casts             :
1. Reza Rajadian (3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta - Test Pack)
2. Bunga Citra Lestari (Ada Kamu, Aku Ada – Saus Kacang)
3. Tio Pakusadewo (Identitas – Sang Martir)
4. Ratna Riantiarno (Petualangan Sherina – Get Married 3)
5. Mike Lucock (Naga Bonar jadi 2 – Rumah Dara)

D.O.P             : Rachmat “Ipung” Syaiful (Pintu terlarang – Tri Mas Getir)
Editor             : Wawan I. Wibowo (Serigala Terakhir – Radit&Jani)

Genre                         : Biography - Drama - Romance
Distributor                : MD Pictures
Release Date           : 20 Desember 2012
Running Time         : 118 menit
Country                     : Indonesia


My Rate         : 


     Habibie & Ainun. Film Indonesia di akhir tahun 2012 yang dapat mengalahkan jumlah penonton film The Raid dan 5cm. Filmnya sendiri diangkat dari buku biografi berjudul sama karangan B.J Habibie sendiri. Filmnya menceritakan perjalanan cinta Habibie (Reza Rahadian) dan Ainun (Bunga Citra Lestari) serta menceritakan pengalaman habibie selama sekolah di Jerman hingga berhasil membuat Pesawat sendiri di negaranya, Indonesia.


     Saya meneteskan airmata ketika melihat acting Reza sebagai Habibie. Sangat memukau. Reza sendiri mengakui kalau belajar cara bicara dan gesture Habiebie dari bapak Habibie sendiri. Kekuatan acting Reza lah yang menutupi semua kekurangan dalam film ini. Karna hanya Reza lah satu-satunya cast yang bermain bagus dalam film ini.BCL sebagai Ainun pun masih terasa kurang aktingnya. Tapi seperti yang saya bilang tadi, karna Reza Rahadian lah yang menutupi kekurangannya.


     Ini adalah film pertama Faozan Rizal dan saya akui film ini sudah sangat bagus sekali untuk orang-orang pemula seperti Faozan. Mungkin Faozan Rizal kurang bisa  mencari tata letak sponsor dalam film. Karna banyak sekali iklan-iklan dalam film yang sangat blak-blakan ditunjukkan kepada penonton. Harusnya disesuaikan di tempat yang tidak terlalu frontal. Tetap terlihat tapi tidak terlalu frontal karna saya pribadi merasa terganggu sekali dengan iklan-iklan yang frontal di tunjukkan ke penonton.
     Faozan Rizal pun termasuk “Jahat” menurut saya. Karna menampilkan adegan sedihnya secara berkala dan itu ada di akhir film. Hal itu membuat saya nangis terus tidak berhenti-berhenti. Tapi secara keseluruhan film ini cukup menghibur dan menyenangkan. Kita bisa melihat masa percintaan Habibie dan Ainun yang dibumbui komedi-komedi segar dizamannya. Lalu kita bias melihat proses Habibie membuat pesawat ditambah ketika menjadi Presiden yang disertakan dengan Konflik yang menghadapi percintaan dan hidup Habibie. Serta berlanjut dengan adegan sedih yang secara berkala. Complete meskipun terjadi banyak kekurangan disana-sini, tapi bersyukur karna ada Reza Rahadian J.


Did  You Know ?
-       Reza Rahadian mengaku sulit menirukan jalan seperti Bapak Habibie.
-       Reza belajar cara bicara, mimik  dan gesture-nya langsung dari Bapak Habibie.
-       Film ini sudah mendapatkan 3 juta penonton kurang dari sebulan dan mengalahkan 5cm dan The Raid.

Quotes
-       Aku yang Dokter, kamu pembuat pesawat, jangan sok tahu.
-       Indonesia memanggilmu,  bersyukurlah. Ini amanah besar.
-       Kamu itu pemimpin Negara. Kalau kamu tidak bias pimpin dirimu sendiri, bagaimana kamu bias pimpin 200 juta orang?
-       Ada banyak cara untuk mencintai negeri ini.

Trailer


Poster Lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar