Rabu, 13 Februari 2013

Keramat (2009)



KERAMAT
(Your Worst Nigtmare Is Their Reality.)


Producer                 : Chand Parwez Servia (Test Pack, Red Cobex)
Director                   : Monty Tiwa (Sampai Ujung Dunia, Test pack)
Writer                       : Monty Tiwa (9 Naga, Pocong)
Casts                         : Poppy Sovia (Catatan Akhir Sekolah, Hi5teria)
                                       Migi Parahita (Get Married 3, XXL: Double Extra Large)
                                       Sadha Triyudha (Modus Anomali)
                                       Miea Kusuma (Sanubari Jakarta)
                                       Dimas Projosujadi (Laskar Pemimpi, Sampai Ujung Dunia)
                                       Diaz Ardiawan (Sampai Ujung Dunia)
                                       Brama Sutasara
D.O.P                        : Ucup Simena
Editor                       : Benjamin W. Tubalawony (Get Married 3, Cinta 24 Karat)
Genre                       : Horror
Distribution           :  Starvision Plus
Release Date         :  3 September 2011
Running Time       : 82 Minutes
Country                   : Indonesia

My Rate       :(8/10)
IMDb Rate  :(7/10)

     Found Footage (FF) semakin eksis di dunia perfilman. Baik film Hollywood maupun film lokal. Sayangnya, penerapan teknik FF (pengambilan gambar seperti documenter) pada film-film lokal masih dianggap “sampah”. Terlebih karna penerapan FF lebih terasa untuk film bergenre horror. Tau sendiri tanggapan masyarakat Indonesia terhadap film-film horror Indonesia selalu identik dengan sex, kalau tidak ada sex-nya pasti ada “susu”nya saja. Ya pokoknya film-film horror Indonesia termasuk film-film kacrut lah <<< tanggapan beberapa masyarakat Indonesia. Nah, tanggapan seperti ini lah yang sebenarnya bahaya. Karna persepsi tersebut membuat film bermutu dan berkualitas yang dimana genre aslinya horror tanpa embel-embel sex akan tenggelam karna film-film kacrut tersebut. Inilah yang sangat disayangkan.
     Keramat adalah salah satu contoh kasus film horror ASLI yang bermutu tetapi tenggelam karna film-film kacrut yang banyak tersebar. Film Keramat yang menggunakan teknik FF ini menceritakan segorombolan pemuda-pemudi Jakarta yang akan menggarap sebuah film. Poppy dan Cungkring mendapat sebuah tugas menjadi team Behind The Scene untuk film yang akan dibuat. Oleh karna itu, Cungkring sang cameramen harus mengikuti semua kegiatan yang dilakukan untuk bahan Behind The Scene sekaligus untuk dokumentasi.
     Mereka ber-8 Poppy, Cungkring, Sadha, Diaz, Miea, Migi, Dimas, dan Brama pergi menuju Yogyakarta untuk proses syuting. Tetapi semua berubah drastis. Keanehan-keanehan pun terjadi setelah salah satu temen mereka Migi kesurupan dan menghilang secara misterius.
     Film ini tidak seperti The Last Exorcism yang memakai teknik FF dan mengusut tema kesurupan. Memang sama-sama kesurupan, tapi bedanya Keramat lebih kental akan kebudayaan Indonesia. Penggunaan nama asli dalam film juga membuat film ini terlihat lebih nyata dengan script yang tidak ditulis sama sekali alias semuanya improvisasi. Hal tersebut tidak membuat film ini menjadi acak-acakan. Seperti yang saya bilang sebelumnya, film ini benar-benar terlihat nyata dan asli. Acting-akting para pemain juga tidak perlu diragukan lagi. Ditambah sutradaranya Monty Tiwa, dia sangat ahli sekali mengarahkan actor dan aktris dalam sebuah film agar terlihat lebih meyakinkan dan menjiwai.
     Film bagus bukan berarti terlepas dari sebuah kejanggalan. Saya merasa agak sedikit aneh ketika salah satu dari mereka melakukan aksi seperti di film [REC] karna dari awal saya melihat ini film horror, bukan zombie -_____-. Ada juga adegan ketika Brama tiba-tiba ditarik entah oleh hantu atau apapun itu kedalam sebuah semak-semak. Yang membuatnya aneh adalah, semua teman-temannya menganggap Brama sudah mati. Ditarik bellum tentu mati kan? Coba tengok Paranormal Activity, banyak sekali adegan ditarik kakinya tapi tidak mati tuh.
     Ketika adegan-adegan yang janggal itu terlihat dan filmnya sudah mencapai klimaks, saya mulai berpikir seperti apakah endingnya? Garing kah? Seru kah? Menakutkan kah? Dan ternyata endingnya cukup memuaskan. Mau tau? Nonton filmnya. Beli dvd-nya ya J


·        Did You Know ?
-         Syutingnya dilakukan tanpa scenario.
-         Semua nama pemain dalam film adalah nama asli.
-       Banyak terjadi hal-hal diluar dugaan yang terjadi kepada cast & crew film ini.

·        Tagline
-         Your Worst Nigtmare Is Their Reality.


·        Trailer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar